Selasa, 27 September 2011

Kilas balik perusahaan Panasonic Indonesia


Sistem Manajemen dan penerapan oleh Perusahaan Panasonic


Dari 2 filosofi yang bersinergi
perusahaan ini berkembang atas 2 penemu Almarhum Drs Thayeb Moh Gobel dan Konosuke matshushita,Drs thayeb Moh Gobel memiliki filosofi "pohon pisang" yang menggambarkan sesuatu yang sangat berguna bagi masyarakat,lalu Konosuke matshushita memiliki filosofi 
"air mengalir" yang mengibaratkan mengisi setiap selah dari terendah hingga teratas,
almarhum Gobel pun sangat yakin bahwa penggambaran symbol pohon pisang itu sangat lah tepat untuk perusahaan ini,di mana semua bagian dari pohon pisang dapat dimanfaatkan,seperti buanhya dapat dimakan,daunya dapat digunakan bahkan hingga pelepahnya,almarhum sangat berharap perusahaan ini dapat berguna banyak bagi masyarakat layaknya pohon pisang.


Bagi perusahaan Panasonic symbol air sangatlah krusial,yang menggambarkan bahwa pentingnya air dalam sebuah kehidupan dan terus mengalir tanpa adanya batas zaman,produk elektronik yang akan dikembangkan diharapkan dapat terus berkembang pesat di masyarakat,dari 2 filosofi inilah perusahaan ini bergerak dan terus mengembangkan teknologi-teknologi baru.


Beliau terinspirasi oleh media elektronik.
almarhum Gobel yakin akan perkembangan peusahaannya di masa yg akan datang,namun keyakinan tersebut tidak datang sendirinya,melalui kepandaian beliau,ia melihat sebuah peluang kesuksesan di masa itu,pada masa itu beliau memiliki visi besar bahwa elektronik akan memainkan peran penting dalam setiap aspek kehidupan dengan inilah peluang emas perusahaan beliau datang,dan dalam kontribusinya dalam mengembangkan industri elektronik beliau dikenal sebagai 'bapak'industri elektronik Indonesia.



Sebuah brand menjadi besar bukan karena produknya semata, namun karena konsep dibalik hal-hal yang kasat mata. Hal inilah yang menjadi dasar dari pengembangan teknologi kami sejak pertama kali Panasonic Corporation ditemukan oleh Konosuke Matsushita pada tahun 1918 (Saat itu Matsushita Electric Appliance Factory). Dimulai dengan memproduksi socket lampu pertama kali, Konosuke Matsushita telah mempunyai visi untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Keinginan tulusnya dan dedikasi tingginya kepada masyarakat inilah yang menjadi landasan mengapa perusahaan kami masih ada sampai saat ini dan terus berkembang.



Jauh dari Jepang, di Indonesia pun lahir seorang pemuda yang memiliki Visi yang sama dengan Konosuke Matsushita; Almarhum Drs. Thayeb Moh Gobel. Nama Almarhum tentunya akan selalu dikenang dalam perkembangan industri elektronik di Indonesia. Semua hal ini dimulai ketika kedua tokoh besar ini bergabung, dan didirikannya PT. National Gobel di tahun 1970. 
Tentunya kelangsungan bisnis hingga saat ini masih memegang teguh semangat yang sama yang telah terbentuk hampir 1 abad yang lalu. Yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup dan untuk perkembangan masyarakat. Kami percaya bahwa komitmen kami dan segenap karyawan kami dalam memberikan yang terbaik untuk konsumen merupakan refleksi dari penghargaan kami terhadap hubungan yang panjang antara kami dan masyarakat.
Perusahaan akan terus berkembang dan mendunia bila pemimpinya dapat berpikir kritis dan inovatif.

Lingkungan eksternal mikro dari perusahaan panasonic

• Ancaman masuk dari pendatang baru
a. Pendatang baru perusahaan elektronik yaitu: Matsunichi, Nanotec, dll.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Mempertahankan Loyalitas Perusahaan kepada para Konsumen
- Tetap menjadikan produk eloktronik yang terbaik

• Kekuatan posisi tawar pemasok
a. Karena Panasonic Corporation yang berpusat di Osaka, Jepang. Para pemasok Panasonic tentunya tidak berasal dari dalam saja, melainkan dari luar.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
Panasonic Indonesia harus mempunyai hubungan yang baik dengan para Pemasok, baik di luar maupun di dalam.

• Kekuatan posisi tawar pembeli
a. Para pembeli produk Panasonic diantaranya konsumen awam, pebisnis dan industri .
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Produk berkualitas dan memuaskan para konsumen.
- Memberikan kontribusi usaha atau Corporate Social Responsibility (CSR) melalui berbagai kegiatan dan donasi.
- Program pemberian beasiswa tanpa ikatan dinas apapun bagi mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di negeri ini untuk melanjutkan program studi pasca sarjana (S2) di universitas- universitas terkemuka di Jepang. Panasonic Scholarship (PS).
- Menyelenggaraan Panasonic Awards
- Harga bersaing
- Pemberian Service Garansi yang memuasakan
- Pelayanan yang baik
- Promosi sesuai dengan mutu
- Elektronik yang tahan lama / awet

• Ancaman produk substitusi
a. Panasonic merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya. Substitusi dari produk Panasonic tentunya masih bersifat tradisional. Misalnya produk Tv Plasma substitusinya Opera atau Drama Live, Kamera substitusinya Lukisan, AC substitusinya Kipas Sate, Kulkas substitusinya termos es, Mesin Cuci substitusinya Papan Gilasan dsb.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Menjadikan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik
- Menghasilkan produk dengan kualitas terbaik
- Menawarkan produk-produk yang akan memperkaya hidup mereka;

- produk-produk yang dibuat berdasarkan ide-ide segar dan inovatif. -Terus berinovasi menciptakan produk-produk yang handal berguna dan hebat.

• Kekuatan Kompetitor
a. Samsung, Sony, LG, Sanyo, Sharp, Toshiba, Denpoo dll.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Melakukan Inovasi Produk
- Harga yang lebih terjangkau tetapi mutu tetap
- Promosi ditingkatkan

Walaupun perusahaan tidak terpengaruh secara langsung,perusahaan tetap harus mempersiapkan startegi yang tepat dalam persaingan pasar.


Tanggung jawab sosial yang di realisasikan manajemen Panasonic,

Hubungan dengan seluruh karyawan.

Perusahaan akan berusaha dengan keras untuk memberikan suatu lingkungan yang mendorong para karyawan untuk merealisasikan seluruh potensi mereka. Perusahaan akan menghargai kepribadian dan motivasi setiap karyawan dan dalam kesempatan yang tepat, mencoba untuk menawarkan kesempatan yang selaras di daerah-daerah lain. Dengan membangun hubungan yang saling menguntungkan demikian antara Perusahaan dan para karyawannya, kita akan Melaksanakan Dasar Filosofi Bisnis.
(1) Pengembangan Sumber Daya Manusia

1. tetap setia dan percaya pada prinsip "dasar manajemen adalah orang," kita mempunyai komitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia dengan bidang keahlian khusus, kreativitas yang menonjol dan semangat yang menantang, serta untuk meningkatkan kemampuan yang kita miliki melalui sistem personil, pendidikan dan pelatihan karyawan.

2. Kita akan menghargai kepribadian dan individualitas dari setiap pribadi, sementara pada saat yang sama kita berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan suatu sistem yang mengembangkan berbagai jenis kualitas yang berbeda dari para karyawan.

3. Kita akan berusaha dengan keras untuk bertindak selaku seorang anggota masyarakat yang dihormati, serta suatu anggota perusahaan yang baik, menggunakan akal sehat dan menghargai yang lainnya.

4. Para manajer akan menjalankan tugas mereka berdasarkan pengakuan bahwa pengembangan personel adalah tanggung jawab mereka yang paling penting.


(2)  Menghargai Hak Azasi Manusia

1. Perusahaan akan menghargai hak azasi manusia dan akan berusaha untuk memastikan kesempatan kerja yang sama. tidak ada diskriminasi terhadap para karyawan atau terhadap yang lainnya  dalam hal cara berbicara atau berperilaku, berdasarkan jenis kelamin, umur, kebangsaan, ras, etnis, keyakinan, agama, status sosial, cacat mental atau fisik atau status lainnya apapun yang secara sah dilindungi.

2. Perusahaan tidak akan mempekerjakan orang yang bertentangan dengan keinginan mereka, dan tidak akan mempekerjakan tenaga kerja anak di bawah umur. Perusahaan akan mematuhi peraturan dan perundangundangan mengenai tenaga kerja dari negara-negara dan kawasankawasan di mana ia menjalankan bisnisnya.

3. Berdasarkan pengakuan penuh bahwa individu-individu adalah berbeda dan mempunyai nilai yang berbeda, kita harus menghargai hak pribadi dari setiap karyawan. Kita akan berusaha dengan keras untuk menciptakan suatu tempat kerja yang aman dan nyaman dengan menghindari cara berbicara dan berperilaku yang melanggar hak azasi manusia, seperti fitnah, penghinaan, pelecehan seksual, atau tindakan-tindakan kekerasan.

4. Perusahaan akan memberikan pertimbangan yang semestinya bagi kesehatan para karyawannya dan akan mempertahankan suatu tempat kerja yang nyaman yang memenuhi semua standar-standar keselamatan yang berlaku.Perusahaan akan berusaha dengan keras untuk memupuk hubungan yang baik dengan para karyawannya dengan memberikan kepada mereka informasi yang relevan dan mendengarkan opini-opini mereka dengan kesungguhan hati.

5. Berdasarkan  peraturan dan praktik buruh di setiap Negara, perusahaan akan memelihara hubungan yang baik dengan karyawannya dan untuk menyelesaikan permasalahan, yang salah satunya tempat kerja dan kondisi kerja dengan secara terus menerus melakukan dialog yang konstruktif dan tulus.



penguraian dari pembahasan :

* Sebuah perusahaan akan dapat berkembang dengan baik bila memiliki manajer/pimpinan yang memiliki wawasan luas,pengaturan startegi yang matang dan memiliki dukungan kuat dari seluruh aspek perusahaan.

*Faktor eksternal memiliki pengaruh cukup besar,seperti pesaing dalam bentuk produk,maupun pesaing dalam bentuk menajemen,manjer perusahaan harus memiliki trik-trik yang tepat agar tidak trdahului oleh para pesaing dan dapat menjaga nama baik perusahaan,dan menjaga hubungan baik dengan para karyawan maupun mitra-mitra usaha lainya.

*Tanggung jawab manajemen perusahaan sangatlah penting agar produksi tetap inovatif,tetap baik di mata karyawan dan publik,oleh itu manajemen perusahaan dituntut agar dapat memahami etika berusaha yang baik.

sumber: 
www.google.com
www.panasonic.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar